Pelayanan Pendaftaran dan Rekam Medis

 

STANDAR PELAYANAN  PENDAFTARAN 

NO

KOMPONEN

URAIAN

PROSES PENYAMPAIAN PELAYANAN (SERVICE DELIVERY)
1. Persyaratan
  1. Pasien harus sudah mengisi Survei Riwayat Kesehatan (SRK) pada Aplikasi Mobile JKN
  2. Kartu Identitas Pasien (Kartu BPJS Kesehatan/KTP/KK)
  3. Nomor Antrian
2. Sistem, Mekanisme dan prosedur

 

1)      Pasien datang mengambil nomor antrian pada mesin antrian.

2)      Pasien yang belum mengisi SRK pada Aplikasi Mobile JKN, harus mengisinya terlebih dahulu;

3)      Bila belum paham, Pasien dapat           meminta bantuan kepada petugas pemberi informasi;

4)      Petugas pendaftaran memanggil pasien layanan sesuai urutan nomor antrian pasien;

5)      Petugas          pendaftaran          meminta          pasien          untuk menunjukkan persyaratan pelayanan;

6)      Petugas pendaftaran memasukkan data pasien pada sistem Rekam Medis Elektronik (e-Puskesmas);

7)      Petugas     pendaftaran     memberikan     bukti     pendaftaran untuk pelayanan selanjutnya;

8)      Pasien menunggu pelayanan di Nurse Station;

9)      Pasien menunggu pelayanan di poliklinik yang dituju;

3. Jangka Waktu Pelayanan
  1. Waktu tunggu pelayanan bergantung jumlah antrian pasien.
  2. Pasien Baru < 5
  3. Pasien Lama < 3 menit
4. Biaya/Tarif
  1. Gratis bagi Pasien Peserta JKN/BPJS Kesehatan
  2. Pasien Bukan Peserta JKN/ BPJS Kesehatan, dikenakan tarif           30.000,- untuk pelayanan kesehatan dasar yang dibayarkan di Kasir setelah seluruh pelayanan selesai dilaksanakan. Biaya tersebut dapat bertambah sesuai dengan pelayanan lain yang diberikan oleh petugas.
5. Produk Pelayanan
  1. Nomor Antrian
  2. Rekam Medis Elektronik (e-Puskesmas).
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukkan
  1. Pengaduan, saran dan masukkan dapat disampaikan secara tertulis melalui kotak pengaduan yang tersedia.
  2. Menyampaikan pengaduan, saran dan masukkan secara langsung kepada petugas.
  3. Menyampaikan pengaduan, saran dan masukkan secara tidak langsung melalui :
    1. telepon : 0719 – 9401008, SMS/WA : 0877-5916-7786
    2. Website UPT Puskesmas Tanjungpandan
    3. Media sosial         :         facebook       UPT        Puskesmas Tanjungpandan
  • Mengisi KESSAN dan pengaduan melalui Aplikasi Mobile JKN.
PROSES PENGELOLAAN PELAYANAN (MANUFACTURING)
7. Dasar Hukum 1)      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

2)      Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik;

3)      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis;

4)      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2024 tentang Penyelenggaran Puskesmas;

5)      Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 1 Tahun

2024 tentang Pajak Dan Retribusi Daerah.

 

8. Sarana, prasarana dan/atau fasilitas. 1)        Meja dan Kursi;

2)        Rekam Medis Elektronik (e-Puskesmas);

3)        Komputer;

4)        Printer;

5)        Mesin Antrian;

6)        Jaringan internet;

7)        Kursi Tunggu Pasien; dan

8)        Media KIE.

9. Kompetensi Pelaksana 1)      Ahli Madya Perekam Medis.

2)      SDM lain yang memiliki keterampilan menggelola data dan informasi.

10. Pengawasan Internal 1)      Pengawasan dan Pembinaan Internal oleh Penanggung Jawab Lintas Klaster

2)      Pengawasan Internal oleh Kepala Puskesmas

11. Jumlah

Pelaksana.

4 orang.
12. Jaminan Pelayanan. 1)      Maklumat Pelayanan.

2)      Tata Nilai Puskesmas.

3)      SOP Layanan di Unit Pendaftaran.

13. Jaminan keamanan dan keselamatan

pelayanan

1)      Kebijakan mutu dan keselamatan pasien;

2)      Kompetensi Pemberi Pelayanan sesuai standar; dan

3)      Informasi yang disampaikan dijamin kerahasiaannya.

14. Evaluasi Kinerja Pelaksana 1)      Audit Internal.

2)      Survei Kepuasan Masyarakat.

3)      Mini Lokakarya Puskesmas.